Tips Kreatif Mengajarkan Evolusi dengan Program Weasel

Bagaimana cara mengajarkan evolusi pada anak? Cara di bawah ini mungkin bisa Anda manfaatkan.

Materi evolusi merupakan salah satu materi biologi paling abstrak di sekolah. Mengatakan pada anak bahwa spesies X merupakan moyang spesies Y, bagaikan mengatakan ada harta karun beneran di ujung pelangi. Tak masuk akal. Lalu bagaimana caranya agar materi evolusi lebih masuk akal dan mudah dipahami siswa? Berikut ini tips cara mengajarkan evolusi yang bersumber dari penjelasan Richard Dawkins –zoologist asal Inggris, dan fyi, Dawkins inilah pencipta istilah “meme” (baca: MIM)-.
.

  PROGRAM WEASEL sebagai Analogi Evolusi Kumulatif


Cara di bawah ini menggunakan prinsip monyet yang bisa mengetik “METHINK IT IS LIKE A WEASEL” yang dicetuskan Dawkins –disebut weasel program-. Alasannya, biarpun si monyet bodoh, ia diberikan waktu beribu juta tahun (sebagaimana terjadinya evolusi), mesin ketik, dan huruf-huruf yang siap diketik.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih, pertama memanfaatkan video simulasi. Kedua memperagakan langsung. Untuk pilihan pertama, Anda tinggal mendownload video saja yang bagus Sedangkan untuk pilihan kedua, Anda bisa menggunakan langkah-langkah di bawah:

.

Alat dan Bahan

  1. Huruf A sampai Z
  2. Kertas atau papan bertuliskan METHINKS atau apapun itu. Kita ambil yang pendek saja yakni “SEKOLAH”

Langkah Mengajarkan Evolusi pada Anak dengan Prinsip Weasel Program

  1. Acak huruf dan ambil 7 huruf untuk ditempatkan di masing-masing kotak SEKOLAH. Urutkan sesuai huruf yang teracak. Misal kocokan pertama, Anda mendapat huruf M, maka tempatkan di kotak S.
  2. Eliminasi huruf yang tak sesuai. Huruf M yang jadi contoh di atas jelas tak sesuai, jadi buang huruf tersebut.
  3. Huruf yang sudah tereliminasi masukkan lagi ke kelompok huruf yang akan dikocok di kocokan generasi II (setelah 7 kocokan pertama).
  4. Sedangkan huruf yang cocok dengan karakter huruf-huruf SEKOLAH, biarkan disitu.
  5. Tunggu hingga siswa berhasil mengisi kata SEKOLAH atau biarkan sampai batas waktu tertentu.Agar pembelajaran lebih menarik, bagi siswa menjadi beberapa kelompok dan buat agar mereka adu cepat mencocokkan seluruh huruf SEKOLAH. Ambil satu anggota kelompok untuk menjadi pengawas di tempat lain. Agar tidak terjadi kecurangan.
cara mengajari anak evolusi biologi rpp

Pemahaman

Cara mengajarkan evolusi di atas mencoba menganalogikan terjadinya Evolusi di alam. Pembentukan kalimat SEKOLAH –atau yang dilakukan Dawkins “METHINKS IT IS LIKE A WEASEL”- adalah perlambang terbentuknya spesies. Memasukkan huruf yang tereliminasi melambangkan waktu yang tak terbatas sehingga sifat-sifat lama bisa muncul kembali. Lalu kenapa di papan kertas harus ditulis SEKOLAH untuk mencocokkan?

Papan SEKOLAh adalah analogi alam itu sendiri. Ia akan menyeleksi yang tidak cocok dan mempertahankan yang cocok –disebut seleksi alam-. Makanya yang hurufnya sudah pas dibiarkan bertahan sedangkan yang tidak pas, digugurkan. Inilah juga yang disebut seleksi alam kumulatif. Perubahan terjadi sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Bukan random. Yang mulanya hanya huruf A doank yang cocok, kemudian berikutnya huruf H juga cocok dst.

Lebih lengkapnya, silahkan baca penjelasan Dawkins di bawah ini:

I don't know who it was first pointed out that, given enough time, a monkey bashing away at random on a typewriter could produce all the works of Shakespeare. The operative phrase is, of course, given enough time. Let us limit the task facing our monkey somewhat. Suppose that he has to produce, not the complete works of Shakespeare but just the short sentence 'Methinks it is like a weasel'.
Terjemanan:
Saya tak tahu siapa yang pertama kali menyebut, bahwa bila diberikan waktu yang cukup, seekor monyet bisa memproduksi semua tulisan Shakespeare. Kuncinya tentu soal pemberian waktu yang cukup. Tapi, coba kita batasi tugas si monyet hanya untuk mengetik Methinks it is like a weasel.
Generasi 01:   WDLTMNLT DTJBKWIRZREZLMQCO P
Generasi 10:   MDLDMNLS ITJISWHRZREZ MECS P
Generasi 20:   MELDINLS IT ISWPRKE Z WECSEL
Generasi 30:   METHINGS IT ISWLIKE B WECSEL
Generasi 40:   METHINKS IT IS LIKE I WEASEL
Generasi 43:   METHINKS IT IS LIKE A WEASEL
Dst

Demikian. Semoga dengan cara di atas, Anda lebih mudah mengajarkan evolusi pada siswa.


0 Response to "Tips Kreatif Mengajarkan Evolusi dengan Program Weasel "

Posting Komentar