Pelajaran merupakan istilan informal yang dapat mengacu pada proses pembelajaran maupun mata pelajaran. Sebagai proses pembelajaran, pelajaran mengacu pada usaha untuk membuat siswa terdidik dalam rentang waktu yang direncanakan. Hal selaras dengan konsep yang diungkap Sudjana (2007:77) bahwa belajar pada hakikatnya adalah proses perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik.
.
Pelajaran atau Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran memerlukan beberapa komponen pendukung antara lain media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penyiapan materi yang akan dipelajari, dan hal-hal penting terkait lainnya.Dalam usaha ini, guru harus menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajaran serta cara mencapainya. Guru-guru sering menggunakan indikator dalam RPP sebagai penanda keberhasilan tujuan proses pembelajaran. Dan karena digunakan sebagai penanda, maka indikator pembelajaran tersebut disusun dari tujuan dilakukannya pelajaran.
Tujuan pembelajaran sendiri dirumuskan dari KD (Kompetensi Dasar) yang diturunkan pusat dan merupakan penjabaran SK (Standar Kompetensi). Dalam hal SK dan KD ini guru tak punya wewenang untuk menyusun sendiri. Oleh karenanya kadangkala terjadi bentrok ide antara cara pandang guru dengan pemerintah. Misalnya terkait KD di Kurikulum 2016 yang menurut banyak guru tidak bisa diaplikasikan. Pada poin siswa yang harus “mengagumi cara kerja sistem alam”, guru kebingungan bagaimana cara mengukur kekaguman tersebut.
Persoalan itu menjadi panas karena penjabaran KD sangat penting untuk kesuksesan pembelajaran. Sedangkan kesuksesan pembelajaran tersebut akan berpengaruh pada strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah. Menurut Sudjono ada tiga hal penting terkait keberhasilan strategi pendidikan di sekolah. Ketiga variabel tersebut adalah kurikulum, guru, dan pengajaran atau proses belajar mengajar.
.
Pelajaran sebagai Kata Kedua di Mata Pelajaran
Sedangkan dalam arti mata pelajaran, kata tersebut merupakan penunjuk untuk menyebut subjek-subjek yang diajarkan di sekolah. Subjek ini terbagi atas beberapa kelompok, dari mulai kelompok ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, hingga olahraga, dan kesenian.
.
Subjek-subjek tersebut hadir lengkap bersama SK maupun KD yang harus dicapai. Misalnya KD untuk biologi adalah “memahami biodegradasi” sedangkan KD untuk geografi adalah “memahami kontur pantai”.
0 Response to "Apa itu Pelajaran? (Sebuah Catatan Ngawur)"
Posting Komentar